KURIKULUM JURUSAN TEKNIK PERTAMBANGAN TAHUN 2014

 

Kurikulum Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya Tahun 2014 (Tabel 1) terdiri dari 144 sks dengan lama studi selama 4 (empat) tahun atau 8 (delapan) semester. Pada kurikulum 2014, mahasiswa wajib memilih 5 mata kuliah pilihan (10 sks) dari 10 mata kuliah pilihan yang diberikan. Mata kuliah pilihan terdapat pada semester 6 dan 7 (Tabel 2).

Kurikulum 2014 mengalami beberapa perubahan dari kurikulum sebelumnya (2009). Jumlah mata kuliah pokok pada kurikulum 2014 lebih sedikit daripada jumlah mata kuliah pokok pada kurikulum 2009. Jumlah mata kuliah pokok pada kurikulum 2014 adalah  48 mata kuliah, sedangkan pada kurikulum 2009 sebanyak 75 mata kuliah. Pada kurikulum 2014 terdapat penambahan mata kuliah baru, penggabungan beberapa mata kuliah menjadi satu mata kuliah, penggantian judul mata kuliah dan perubahan capaian pembelajaran beberapa mata kuliah. Selain itu, kurikulum 2014 tersebut, tidak terdapat lagi konsentrasi studi.  Perubahan mata kuliah pada kurikulum lama (tahun 2009) dan kurikulum baru (tahun 2014) dapat dilihat pada Tabel 3.

 

 

Kurikulum 2014 Jurusan Teknik Pertambangan

Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya

SEMESTER MATAKULIAH POKOK SKS Jumlah
I Matematika I 3
Fisika I 3
Praktikum Fisika I 1
Kimia I 2
Praktikum Kimia I 1
Geologi Dasar 3
Praktikum Geologi Dasar 1
Pendidikan Agama 2
Bahasa Indonesia 2
Pancasila 2
 Jumlah 20
II Matematika II 3
Fisika II 3
Praktikum Fisika II 1
Kimia II 2
Praktikum Kimia II 1
Etika 2
Bahasa Inggris 2
Pendidikan Kewarganegaraan 2
Pengantar Teknik Pertambangan 3
 Jumlah 19
III Statistika Tambang 3
Teknik Tenaga Listrik 2
Mekanika Teknik 2
Menggambar Teknik 2
Mekanika Tanah 3
Ilmu Ukur Tambang 2
Praktikum Ilmu Ukur Tambang 1
Kewirausahaan 2
Geologi Tambang 3
 Jumlah 20
IV Mekanika Batuan 2
Praktikum Mekanika Batuan 1
Sumberdaya Mineral dan Energi 4
Geofisika Tambang 2
Praktikum Geofisika Tambang 1
Metode Penulisan Ilmiah 2
Pemboran dan Peledakan 2
Praktikum Pemboran dan Peledakan 1
Tambang Terbuka 4
Kuliah Kerja Lapangan 1
 Jumlah 20
V Program dan Aplikasi Komputer 3
Prak Program dan Aplikasi Komputer 1
Penyaliran Tambang 4
Kebijakan Tambang 4
Penyelidikan dan Penelitian Tambang 4
Tambang Bawah Tanah 4
 Jumlah 20
VI Pengelolaan Lingkungan Tambang 4
Ventilasi Tambang 3
Pengolahan Sumberdaya Mineral dan Energi 3
Praktikum Pengolahan Sumberdaya Mineral dan Energi 1
Kerja Praktek (KP) 2
Pilihan 1 2
Pilihan 2 2
Pilihan 3 2
 Jumlah 19
VII Studi Kelayakan Tambang 4
Pemanfaatan Sumberdaya Mineral dan Energi 3
Ekstraksi Metalurgi 3
Perencanaan dan Perancangan Tambang 4
Pilihan 4 2
Pilihan 5 2
 Jumlah 18
VIII Tugas Akhir 8
 Jumlah 8
Jumlah Total SKS   144

 

 

Mata Kuliah Pilihan Jurusan Teknik Pertambanga

Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya 

SEMESTER MATAKULIAH PILIHAN SKS
6 Penyanggaan Tambang Bawah Tanah 2
6 Konversi dan Pemanfaatan Batubara 2
6 Gas Metana Batubara 2
6 Energi Baru dan Terbarukan 2
6 Teknik Produksi Migas 2
6 Evaluasi Formasi 2
7 Analisis Batubara / Praktikum 2
7 Preparasi Batubara 2
7 Teknik Pengeboran Migas 2
7 Teknik Reservoir 2
Jumlah 20

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN KOMPETENSI

Kurikulum 2014 untuk S1 pada Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya adalah kurikulum yang berbasis KKNI. Berdasarkan KKNI, maka lulusan Teknik Pertambangan akan berada pada level 6 dimana pada level tersebut ada beberapa capaian pembelajaran yang harus dipenuhi oleh lulusan S1 Jurusan Teknik Pertambangan UNSRI. Adapun capaian pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut :

Sikap

  1. Bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religious
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
  7. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
  10. Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri
  11. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif dan apresiatif.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoritis ilmu dasar, ilmu dasar keteknikan dan ilmu rekayasa pertambangan yang diperlukan untuk perancangan, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi rekayasa kompleks dibidang pertambangan dalam aktivitas eksplorasi, eksploitasi, pengolahan dan pemurnian serta pengelolaan lingkungan.
  2. Menguasai standar-standar teknis dan issue terkini dalam aspek sosial, ekonomi dan lingkungan yang berhubungan dengan industri pertambangan maupun secara global
  3. Menguasai konsep, prinsip, dan teknologi pemulihan lingkungan dibidang pertambangan

Ketrampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan ilmu dasar (matematika, Fisika, dan Kimia), ilmu dasar keteknikan, ilmu pendukung dan ilmu rekayasa tambang untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks di bidang pertambangan dalam aktivitas eksplorasi, eksploitasi, pengolahan dan pemurnian serta pengelolaan lingkungan.
  2. Mampu memanfaatkan komputer dan system informasi untuk membuat permodelan dan simulasi serta menunjang rekayasa kompleks dibidang pertambangan dalam aktivitas eksplorasi, eksploitasi, pengolahan dan pemurnian serta pengelolaan lingkungan.
  3. Mampu melakukan aktivitas perancangan, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi rekayasa kompleks dibidang pertambangan dalam aktivitas eksplorasi, eksploitasi, pengolahan dan pemurnian serta pengelolaan lingkungan.
  4. Mampu melaksanakan aktivitas pertambangan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan

Ketrampilan Umum

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir.
  3. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
  4. mengelola pembelajarannya secara mandiri
  5. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun diluar lembaganya.