Sambutan Ketua Jurusan

Jurusan Teknik Pertambangan

Universitas Sriwijaya

Salam Sejahtera bagi kita semua,

Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya berdiri pada tahun1960 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 1960 tentang Pendirian Universitas Sriwijaya oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno. Sebagai salah satu Jurusan Teknik Pertambangan di Indonesia yang berorientasi pada pendidikan, penelitian dan pengabdian, maka selalu mengupayakan sistem pendidikan yang ada mampu mempersiapkan mahasiwa dan mahasiswi bersaing dalam segala aspek. Pada bidang penelitian dan pengabdian berusaha mempersiapkan sumberdaya manusia yang nantinya mengembangkan penelitian dan melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

Kurikulum Jurusan Teknik Pertambangan berdasarkan Kemenristek Dikti berjumlah 144 sks yang dibagi dalam 8 semester, didukung dengan 27 dosen tetap dan 9 laboratorium Jurusan. Body of Knowledge Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya terdiri dari 4(empat) pilar utama, yaitu eksplorasi, eksploitasi, pengolahan dan pemurnian serta lingkungan. Saat ini pelaksanaan pendidikan dilaksanakan pada Kampus Bukit Besar Palembang dan Kampus Inderalaya yang berjarak 32 Km. Penerimaan mahasiswa/i setiap tahunnya berjumlah 150-200 mahasiswa/i yang berasal dari seluruh Indonesia.

Lulusan S1 Teknik Pertambangan berada pada level 6 dengan capaian pembelajaran khusus sebagai berikut :
1. Mampu menerapkan ilmu dasar (matematika, Fisika, dan Kimia), ilmu dasar keteknikan, ilmu pendukung dan ilmu rekayasa tambang untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks di bidang pertambangan dalam aktivitas eksplorasi, eksploitasi, pengolahan dan pemurnian serta pengelolaan lingkungan.
2. Mampu memanfaatkan komputer dan system informasi untuk membuat permodelan dan simulasi serta menunjang rekayasa kompleks dibidang pertambangan dalam aktivitas eksplorasi, eksploitasi, pengolahan dan pemurnian serta pengelolaan lingkungan.
3. Mampu melakukan aktivitas perancangan, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi rekayasa kompleks dibidang pertambangan dalam aktivitas eksplorasi, eksploitasi, pengolahan dan pemurnian serta pengelolaan lingkungan.
4. Mampu melaksanakan aktivitas pertambangan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan

Salam,
Rr. Harminuke Eko Handayani